Interview Album Baru SiksaKubur Mazmur 187

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 5 November  2016 Sintang menjadi kota pertama  dari serangkaian tur WEST BORNEO dari album baru SIKSAKUBUR yang berjudul ‘’MAZMUR 187’’. Malam sebelum konser musickviewer berkesempatan untuk hang out bareng para personil SK serta kru plus tour manager serta berkesempatan melakukan interview secara eksklusif mengenai penggarapan album baru dari salah satu legenda death metal paling produktif ini.
Ditemani sejuknya cuaca cafe di depan Keraton Sintang serta kopi susu hangat, berikut adalah interview musickviewer bersama bung Andre Tiranda selaku gitaris dan frontman dari SIKSA KUBUR

Admin musickviewer hang out bareng SiksaKubur
Musickviewer  : Pengaruh terbesar apa yang membuat teman-teman SK terjun di  industri musik era sekarang?

Andre Tiranda : Masih kayak dulu sih, passion.  Menurut gue pribadi , musik sedikit  dari hal baik yang tersisa di dunia sekarang, dan gua gak tau  dan sebagai musisi gua beruntung jadi musisi, musisi indie gitu, gak  ada intervensi tetap pure artform gitu kita ngerjain yang mau kita bikin. Dan motivasi terbesar tetap sama yaitu JOY gua ngerasain kebahagian ketika bermain musik dan gak ada yang membahagiakan selain musik yang gua mainin.

Musickviewer : Menurut anda, apa perbedaan  musik era awal berdirinya SK dengan  kondisi sekarang?

Andre Tiranda : Sebetulnya gak ada perbedaan tapi yang membuat ada perbedaan mungkin SK jadi lebih dikenal sekarang orang jadi peduli kapan kita mau ngeluarin album. pressurenya beda, gua gak berusaha untuk mikirin itu.. tapi itu memang udah ada dan itu bisa jadi positif. Karena dulu SK mau punya album, orang udah tidak terlalu peduli. dan kalo sekarang ketemu orang, mereka bertanya kapan SK buat album lagi dan itu aja udah beda. Oke, itu membuat gue menjadi musisi yang baik,setidaknya  lebih baik dari gue sendiri sebelumya, dan gua gak berusaha lebih baik dari orang lain juga. Yang jelas itu perbedaannya, kita melakukan sesuatu sekarang lebih kita pikirkan, dulu kita gak tau pentingnya punya produser “apa produser itu yang biayain kita rekaman ya?” dan seiring waktu knowledge segala macem, ok kita perlu bekerjasama dengan produser itu juga Bagian dari perbedaan. Dan dulu kalo kita rekaman pake equipment seadanya yang ada di studio yang penting bunyinyanya jeng jeng.. kalo sekarang ada hal yang harus kita tanyakan sama produser kita, apa sih yang harus kita lakuin, dengan musik yang gua bikin ini di terjemahin bagusnya dengan cara apa.. dan gua baru sadar ternyata setiap band itu gak harus sama dan itu salah kalo orang bilang main musik itu kita mau sama kayak si anu…Karena kita udah terlahir dengan keunikan masing-masing.

malam setelah konser, ngopi bareng di padepokan kaset milik admin musickviewer

Musickviewer : Ketika masih dalam naungan rottrevore, apa rottrivore ikut mempengaruhi proses penggarapan album sekarang?

Andre Tiranda : pastinya, dan yang sekarang nggak. Setelah Rio meninggal, SK ngerilis album sendiri album ke 7 dan album St. Kristo sebetulnya kita rilis sendiri karena itu untuk Rio.  itu album yang paling personal buat gua. Jadi gua taruh logo rottrevore di di album itu bukan sebagai rottrevore yang ngebiayain kami rekaman, gua taruh rottrevore di situ karena tanpa rottrevore kami gak akan ada juga untuk ngerakan album ke-6 . dan itu bentuk penghormatan kami sama almarhum Rio dan label yang membesarkan kami.

Musickviewer : Dari 8 album, album apa yang sukses secara penjualan?

Andre Tiranda : Sejauh ini, gua gak ngerasa kayaknnya  penjualan secara komesil asik, nggaklah. Gua nggak merhatiin itu. Cuma rata-rata aja. Dan yang paling banyak  di reissue  album EYE CRY dan TENTARA MERAH DARAH. Dan album yang lain juga belum di reissue aja. Sejauh ini hanya 2 album itu saja yang banyak di repeat.

discography album SK minus album ke-1 dan ke-8

Musickviewer : Dari semua track di  8 album ini, track manakah yang menurut bung Andre sendiri paling favorit?

Andre Tiranda : Burung bangkai, itu pertama kalinya gua tulis untuk sahabat gue almarhum Rio dan durasinya 10 menit. Itu juga, pertama kali gue rekam dengan benar  dan secara totalitas, dan itu gua pake produser.

sampul dalam album Mazmur:187 yang sudah dilegalisir
Musickviewer : Boleh dong, diceritakan  proses kreatif dalam penggarapan album baru yakni Mazmur 187 ?

Andre Tiranda : Proses kreatif waktu itu kita ngedatangin Rudi buat memantau prosesnya, di situ kita benar benar bikin lagu di pantu sama Rudi  dan diberi opsi secara teknis. Dan gua rasa di album ini, gua gak sadar ngeluarin potensi  kalo gua bisa buat lagu untuk album itu. Dan ternyata gua butuh Rudi. Proses pembuatan album ini makan waktu setahun reforming bikin riff sebanyak banyaknya dan baru kita seleksi. Dan gua adalah pemain gitar dengan basic riff base. produser tahun itu dan nggak nyuruh gua buat jadi orang lain. Jadi diri sendiri sebagaimana seorang Andre Tiranda menulis lagu, dan merepresentasikan kemampuan gua.

Musickviewer : Kendala terberat dalam proses penggarapan album baru Mazmur 187 ini apa?

Andre Tiranda : Kalo Bandar udah pada putus. Itu kendala terberat… haha

Musickviewer : Track yang paling favorit di album Mazmur 187 ini apa?

Andre Tiranda : Sumpah berbisik part 1 dan 2 instrumental, gua sebelumnya gak pernah buat komposisi Instrumental. Dan di lagu itu pertama kali gua buat dengan komposisi instrumental.  Sebetulnya itu lebih ke pencapain pribadi. Lagu itu  bukan cuma rangkaian nada, tapi refleksi dari apa yang gue alamin 5 tahun terakhir ini, dan kalo orang bilang kalo main musik itu bukan merefleksikan diri apa yang kita alamin itu,berarti mereka belum bisa disebut musisi. Dan apa yang lo hasilkan dari musik emang harus merefleksikan diri dan apa yang lo alamin dan lo pikirin, itu mutlak yang membedakan musisi dan anak band. Hahahahahaha

Musickviewer : Apakah pernah ada tawaran label besar ?

Andre TirandaLabel besar yang paling besar?? Gak ada..untuk level underground hahaha

Musickviewer : Harapan dengan rilisnya album 8 ini, apa?

Andre Tiranda : Harapan gua di album ini, semoga album ini bisa membawa gua ketempat tempat yang belum pernah gua datangin. Itu harapan yang selalu gua harap di setiap gua bikin album. Gua bisa menjumpai orang orang CD Sk dan gua mau bilang terima kasih. Karena alasan gua tetap ada di sini ya, mereka. Tanpa kalian siapalah gue ini.. gua harap di album ini dapat membawa tour sejauh mungkin, dimana bisa ketemu langsung dengan teman-teman sebanyak mungkin yang selama ini betegur sapa lewat media social. Dan album ini tetap membuat SK menjadi SK yang temen-temen tau gitu., gua gak mau ada 1 album pun yang ngubah pandangan orang tentang gua. Ada beberapa hal yang gak harus berubah menurut gua.

Musickviewer : Obesesi terbesar SK sekarang pada saat ini apa?

Andre Tiranda : Obsesi terbesar? Obsesi gua dan temen-temn SK, kita bisa main di Aceh, main di Ambon , dan di Papua. itu sesuatu banget kayaknya.. harapan terbesar kami adalah kami bisa tour dari Sabang sampai Merauke. Don’t give a fuck, apakah kami bisa main di Wacken atau Download, apapun…


SK beserta kru dan tur manajer ketika sampai di Sintang
Musickviewer : Dengan adanya penggantian personil SK apakah berpengaruh pada musikalitas SK?

Andre Tiranda : Gua merasa beruntung. Setiap pergantian personil membuat posisi gua menjadi lebih baik. Pertama kali Adit dan teman-teman lain masuk SK, semuanya  membuat posisi gua  menjadi lebih baik. Okelah menurut gua saat ini gua punya personil gua bisa ngapain aja sama mereka. Buat lo harusnya pergantian personil bukan pergantian tetapi petualangan.

Musickviewer : Ok, terakhir, apa  pesan untuk metalheads nusantara?

Andre Tiranda : Kalo kalian merasa metal itu adalah  agama,maka jadilah umat yang 
baik.

Musickviewer : Terima kasih banyak bung Andre, atas interview ini.


Andre Tiranda : Ok, sama-sama.



untuk liputan konsernya ada di artikel lain......check it up guuyyyssss.....

Posting Komentar

0 Komentar